Home » Fact » Strategi Mudah Dalam Mengelola Uang
uang

Strategi Mudah Dalam Mengelola Uang

Mengelola uang secara tepat membutuhkan lebih dari sekedar pengetahuan akan matematika. Sebenarnya cukup mudah: Jangan habiskan pendapatan Anda dan sisakan beberapa persen untuk menabung, lakukan investasi secara dini, dan gabungan keduanya dapat membuat Anda kaya raya ketika Anda berada di hari tua nantinya.

Mengatakan sesuatu memang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan bagaimana cara mempraktikkan. Nampaknya, melompati rintangan psikologi dan emosional adalah yang paling sulit dan sering menghalangi orang untuk mewujudkan mimpi mereka dalam bidang finansial. Sebenarnya tidak selamanya begitu selama Anda dapat mengatasi permasalahan mental yang mengelilingi diri Anda. Mungkin daftar di bawah ini dapat membantu Anda menyiapkan mental agar apa yang Anda inginkan terwujud: pensiun diri dan menjadi kaya di hari tua.

Tidak ada rahasia yang harus Anda ketahui. Hal paling dasar jika Anda ingin menjadi kaya raya sebenarnya sudah menjadi rahasia umum selama berabad-abad: Berhentilah mencari jalan pintas dan rahasia, lebih baik Anda memfokuskan diri pada hal-hal sederhana yang diberitahu oleh orang tua dan kakek nenek ketika Anda kecil dulu. Misalnya, jangan menghabiskan uang lebih dari jumlah yang Anda dapatkan. (Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, mulailah dengan membaca buku George S. Clanton yang berjudul The Richest Man in Babylon atau Pria Terkaya di Babilonia yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1926.)

Kebahagiaan datang dari cara Anda mengelola ekspektasi. Anda tidak akan menemukan kepuasan dari bekerja lebih giat untuk membeli lebih banyak barang, karena selalu saja ada barang-barang baru untuk dibeli. Cara kabur dari jerat tersebut sangatlah mudah: Belajar untuk merasa puas atas apa yang sudah Anda miliki.

Anda dapat nemiliki apa saja yang Anda inginkan, namun tidak semuanya dapat Anda miliki. Kurangi pengeluaran yang tidak begitu penting jadi Anda dapat meggunakannya untuk hal-hal yang jauh lebih penting. Anda suka minatur pesawat-pesawat antik? Bagus, Anda dapat membeli beberapa ketika memiliki uang. Tidak begitu menyukai mobil-mobil antik? Jangan habiskan uang Anda untuk hal tersebut jika tujuan Anda hanya untuk membuat orang lain terpesona.

Buat segalanya menjadi otomatis. Jika membicarakan tabungan dan investasi, sebenarnya musuh terbesar Anda adalah diri Anda sendiri. Jadi hapus diri Anda dari perhitungan. Biarkan tabungan, pembayaran tagihan listrik (dan air), serta investasi Anda menjadi otomatis. Anda data menghemat waktu dan tenaga—dan Anda akan cenderung tidak ingin menghabiskan uang Anda secara impulsif untuk berendam di dalam air panas.

‘Sempurna’ adalah musuh dari ‘cukup bagus’. Sering kali kita salah mengambil tindakan karena kita mencari sesuatu yang bersifat absolut, paling bagus, apalagi kalau pada hal-hal seperti investasi dan menabung. Malah terkadang, hal yang paling buruk adalah jika kita tidak melakukan apapun. Namun, ternyata aksi nyata dapat mengatasi ketakutan Anda tersebut, karena itu memilih hasil yang sifatnya hanya ‘bagus’ lebih baik daripada tidak mendapatkan apapun.

Jangan membuat banyak alasan. Jangan salahkan presiden, mantan pacar Anda, atau partner bisnis Anda atas keadaan finansial Anda. Mungkin, keadaan yang Anda alami memang bukan sepenuhnya salah Anda, namun hal tersebut adalah tanggung jawab Anda. Jangan melimpahkan tanggung jawab tersebut kepada orang lain.

Tidak ada yang lebih peduli pada uang selain Anda, jadi jangan tunggu sampai orang lain memberitahu Anda bagaimana caranya menabung uang di bank, berinvestasi (upaya-berhasil dalam investasi online), atau cara keluar dari hutang-hutang yang mencekik leher Anda. Anda harus punya keberanian dan otak untuk memulai bisnis Anda sendiri. Lakukan hal yang sama terhadap buku cek Anda.

Jika boleh memberikan satu tips: Naikkan jumlah pendapatan Anda. Kebanyakan ahli finansial memberikan nasihat kepada orang untuk menyimpan setidaknya 10% dari pendapatan mereka. Anda setidaknya harus menyimpan sebanyak 30 sampai 40 persen dari pendapatan Anda—bahkan akan lebih baik jika Anda menyimpan setengahnya, 50% dari pendapatan Anda. Lakukan itu, dan pensiun dini dapat Anda wujudkan, tidak hanya menjadi sekedar wacana belaka. Bukan Cuma karena semua uang yang Anda kumpulkan itu, namun juga karena gaya hidup sangat sederhana yang Anda jalani untuk dapat menyimpan uang sebanyak itu. Bila orang lain membutuhkan setidaknya 500 juta rupiah dalam setahun setelah pensiun, Anda hanya membutuhkan setengahnya, 250 juta rupiah untuk melewati satu tahun. Bingo. Anda baru saja menaikkan waktu pensiun Anda satu tahun.

Comments are closed.